Serbuan Crocs

crocs_collection.jpg6270b4a1-a876-4de4-9797-03bc1ef2cf5eLarge
Sumber Gambar : Link

Masih ingatkah dibenak Kita tentang merek bernama Crocs yang populer dengan sandal plastiknya menyerbu pasar Indonesia ? Sandal yang memiliki beberapa lubang, ringan untuk digunakan, anti selip, cepat kering, dan dibangun dngan bahan-bahan antibakteri menjadi sebuah fenomena tersendiri di Indonesia kala itu.  Awalnya Crocs dibangun dengan target pasar untuk digunakan bagi penggemar olahraga air, tetapi karena memiliki kenyamanan dan fungsionalitas yang tinggi, dikombinasikan dengan pengiklanan word-of-mouth, sandal ini memperluas grup konsumennya.

Pekerja restoran, dokter, perawat, dan banyak lagi konsumen dari berbagai kalangan menggunakan Crocs sebagai salah satu sandal dengan fungsionalitas dan kenyamanan yang baik. Crocs sadar akan hal ini, dan mempertahankan keunggulan mereka dengan menampahkan beberapa komponen yang memenuhi target pasar mereka yang baru. Beberapa varian Crocs yang baru saat itu antara lain adalah dibuatnya sandal Crocs untuk karyawan rumah sakit. Crocs memiliki lebih dari 25 model di masihng-masing variasi, kombinasi warna, dan pola yang digunakan. Salah satu cara Crocs untuk terus mengembangkan inovasi produknya adalah dengan strategi akuisisi.

Crocs awalnya mengakuisisi Jibbitz, sebuah perusahaan spesialisasi aksesoris untuk ditambahkan ke sandal buatan Crocs. Saat itu pula Crocs memiliki lebih dari 1100 produk yang berbeda=beda dan memiliki 4000 aoutlet di seluruh Amerika, Kanada, Asia, dan Eropa. Pada tahun yang sama Crocs juga membeli sebuah perusahaan pembuat dan distributor perlengkapan Hockey, yaitu Fury. Fury saat ini memproduksi barang menggunakan merek dagang Crosslite dari Crocs. Crosslite adalah hak milik bahan yang digunakan sepatu Crocs yang anti bakteri, ringan, dan tidak bau dengan flexibilitas yang tigngi. Berikutnya Crocs juga membeli perusahaan milik italia bernama Exo Tialia yang merupakan perusahaan yang merancan desain dari sandal yang diproduksi Crocs. Crocs juga membeli Ocean Minded, perusahaan desain dan manufaktur sandal kulit yang memproduksi produk sandal untuk pasar sandal pantai, petualang, dan sandal olahraga. Akuisisi Crocs yang terbaru adalah perusahaan Bite Inc., sebuah perusahaan yang unggul dalam memproduksi sepatu dan sandal sport yang nyaman dipakai. Semua akuisisi ini membantu Crocs dalam membuat keragaman produk dan melebarkan pasar Crocs yang semula hanya dipakai untuk penggemar olahraga air saja.

Ngga nyangka ya, sendal plasti seperti ini bisa bikin heboh dunia🙂 so jangan menyerah, be Creative dan jangan lupa untuk mengembangkan pasar Anda. Kalau mau niru Crocs ya lakukanlah strategi akuisisi yang sesuai dengan target pasar dan kompetensi inti dari produk yang kamu miliki. Semoga Indonesia melahirkan pengusaha-pengusaha yang handal di hari-hari esok.

Jayalah Indonesia ku !! Merdeka !!!

Sumber Artikel : Business A Changing World, 7th edition, Farrel / Hirt / Ferrel, McGraw-Hill International Edtiion.

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: