Sebuah Bisnis

2

Sebuah bisnis merupakan sebuah aktivitas untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menyediakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan orang-orang. Produk dapat berupa sesuatu yang nampak atau tak nampak seperti sebuah jasa. Sebuah produk harus memiliki karakteristik dalam menyediakan kepuasan dan keuntungan bagi penggunanya. Produk yang dihasilkan sepatutnya memenuhi kebutuhan bukan hanya sekedar hanya memenuhi keinginan saja. Tentunya produk yang lebih baik adalah produk yang memenuhi kebutuhan sekaligus keinginan dari seorang pelanggan. Desain yang tepat serta efek produk yang dirasakan harus sesuai dengan target pasar yang akan dituju. Produk yang memenuhi kebutuhan cenderung akan menghasilkan sifat tahan lama dibandingkan jika hanya memenuhi keinginan pelanggan saja, tentunya yang baik harus ada dua-duanya juga😀. Contoh produk burger memenuhi kebutuhan pelanggannya yang membeli karena lapar, atau sebuah mobil Porsche yang memenuhi kebutuhan pelanggannya akan kebutuhan image atau prestisius.

Berbicara mengenai bisnis tentu bukan saja hanya profit yang menjadikan bisnis dapat bertahan dengan lama. Bisnis yang baik haruslah memproduksi produk yang berkualitas, beroperasi secara efisien, memiliki kepekaan sosial dan etika dalam menghadapi konsumen, pekerja, investor, regulasi pemerintahan, serta lingkungan sekitar. Karena setiap komponen tersebut memiliki kepentingan dan berpengaruh terhadap bisnis mereka sering disebut dengan stakeholders atau pemangku kepentingan. Terutama pada lingkungan, isu yang sangat penting akhir-akhir ini dimana terjadi pemanasan global dan berkurangnya pasokan energi tak terbarukan, membuat bisnis harus sejalan dengan pelestarian lingkungan.

Bisnis pada dasarnya memiliki tiga lingkar dalam yang menjalankan bisnis yaitu pemilik bisnis, pelanggan, dan pekerja. Sedangkan lingkar luarnya terdiri dari manajemen, keuangan, dan marketing. Marketing akan berpengaruh secara langsung terhadap pola pikir pelanggan, sedangkan manajemen akan mempengaruhi pola pikir pekerja, dan keuangan akan mempengaruhi pola pikir pemilik perusahaan. Manajemen dibangun oleh pemilik perusahaan untuk mengelola pekerja, lalu para pekerja membangun marketing untuk mengelola pelanggan, dan pelanggan yang berkontribusi secara langsung terhadap keuangan perusahaan. Lingkaran inilah yang berada dalam bisnis, faktor-faktor lainnya semisal keadaan ekonomi, kompetisi, etika, kewajiban sosial, teknologi informasi, serta peraturan perundangan berada di pihak eksternal dari perusahaan yang juga perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi lingkaran dalam sebuah bisnis. Maka dari itu bisnis sebenarnya hanya dijalankan oleh tiga tipe orang saja, yaitu pekerja, pelanggan, dan juga pemilik perusahaan yang memiliki aturan manajemen, keuangan serta marketing.

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: