Dimetil eter, energi baru yang terbarukan

car-plant-energy

Sumber Gambar: Link

Energi baru sedang menjadi bahan yang tak terelakan saat ini, di awali dari adanya kelangkaan bahan bakar yang tak terbarukan atau berasal dari fosil yang semakin menipis keberadaannya, dunia perlu memiliki beberapa alternatif sebelum kelangkaan bahan bakar tak terbarukan mulai terjadi. Dimetil eter merupakan salah satu senyawa yang dapat menjadi alternatif bahan bakar baru yang terbarukan saat ini. Ini artinya bahwa bahan bakar yang dihasilkan dari senyawa dimetil eter ini dapat dibuat dan diproduksi oleh tangan manusia. Sungguh luar biasa apabila dunia mampu mengembangkan senyawa ini. Tetapi apa sebenarnya dimetil eter ?

Dimethyl-ether-3D-balls

Sumber Gambar: Link

Dimetil eter (DME) dikenal juga sebagai methoxymethane merupakan senyawa organik yang memiliki rumus CH3OCH3 berbentuk gas yang dapat dihasilkan dari pengolahan gas bumi, batubara, limbah plastik, limbah kertas, limbah pabrik gula, hasil olahan dan hidrokarbon lainnya. DME juga memiliki karakter seperti elpiji yaitu dapat dicairkan sehingga mudah untuk didistribusikan. DME ini dapat digunakan untuk campuran elpiji atau bahkan menggantikan elpiji 100%. China merupakan salah satu negara yang telah menggunakan DME sebagai bahan bakar yang diproduksi secara masal, konsumsi DME di China mencapai 120.000 ton per tahunnya. Bahkan mobil-mobil keluaran Jepang dan Swedia beebrapa diantaranya sudah mendukung penggunaan dimetil eter. Bagaimana dengan Indonesia ?

Indonesia juga tidak kalah cepat dalam memanfaatkan peluang ini lho… terbukti dengan adanya peraturan kementrian ESDM  No. 29 Tahun 2013 yang menyatakan tentang penggunaan DME sebagai bahan bakar serta tata cara pendistribusian dan aturan-aturan yang terkait. Sebagai sumber kekayaan bahan baku DME ini yaitu gas Bumi, Indonesia selayaknya memberikan perhatian khusus kepada DME agar segera diproduksi dan dikonsumsi secara masal. Perlua adanya peraturan mengenai standarisasi, produksi, dan penetapan harga untuk dijual ke masyarakat umum, sehingga energi alternatif ini nantinya mampu memberikan harapan baru ditengah terhimpitnya harga bahan bakar yang lain yang dapat menyebabkan ekonomi pemerintahan juga mengalami defisit anggaran. DME dapat menjadi energi yang dapat bersaing dari segi harga, efisiensi penggunaan, dan juga sifatnya yang ramah lingkungan. DME juga dapat diuji coba untuk bahan bakar perindustrian, transportasi, serta konsumsi rumah tangga.

Kalau sudah begini serasa harapan Indonesia untuk menjadi negara kaya semakin jelas adanya. Semoga Tuhan me-ridhai. Amiinnn.

Jayalah terus Indonesia !!! Merdeka !!

Sumber: Link 1, Link 2, Link 3

Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: