Jembatan Kelok 9, Jembatan pembangun ekonomi indonesia karya anak bangsa nan luar biasa

09005830121780x390

Sumber Gambar: Link

Jembatan Kelok 9, nama jembatan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, yang baru-baru ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, merupakan jembatan yang dibangun oleh anak bangsa yang memiliki struktur bangunan yang menakjubkan. Bagaimana tidak, jembatan ini memiliki panjang mencapai 943 meter dan jalan penghubung sepanjang 2.089 meter. Jembatan kelok 9 dikerjakan pada tahun 2003 dengan total biaya sebesar Rp 602,55 miliar. Jembatan ini nantinya menghubungkan Payakumbuh, Sumatera Barat, dengan Pekanbaru, Riau. Sebelum dibangun menjadi seperti yang saat ini truk maupun trailer tidak mampu melewati jalan ini dikarenakan tikungan yang tajam, dengan hadirnya jembatan ini diharapkan mampu merangsang sektor ekonomi daerah sumatra barat.

Yak bisa jadi ini nanti jembatan untuk lokasi wisata, dimana sisi-sisi jembatan merupakan hutan yang asri, yaahh mirip-mirip ama Suramadu lah (tapi kalau ini sisi-sisinya laut hehehe) dan menjadi Icon baru dari sumatera barat. Dengan pembangunan jembatan ini, terlihat bahwa Indonesia serius untuk membangun perekonomian bagian barat, dimana apabila dilihat dari segi geografisnya memang bagian barat sangat potensial untuk dikembangkan. Bagaimana tidak, Indonesia bersinggungan dengan Malaysia, Singapura, dan Thailand di bagian barat ini, khususnya di pulau Sumatera. Bisa jadi nanti pusat perdagangan pindah ke Sumatera dengan adanya jalur distribusi atau fasilitas yang memadai seperti ini. Kalau sudah ada jalan, otomatis distribusi lancar, dan perekonomian pun mulai bergeliat sehingga pusat perdagangan tidak terkonsentrasi di pulau jawa saja, tetapi sudah mulai merambah ke Sumatera.

Kalau berbicara mengenai ekonomi, jembatan ini juga mendukung adanya program dari IMS-GT (Indonesia-Malaysia-Singapura Growth Triangle), yang tadinya bernama SIJORI (Singapura, Johor, Riau), yang dipelopori oleh perdana menteri singapura saat itu, Goh Chok Tong,  dimana Indonesia diwakili oleh pulau Riau. Nah pertemuan IMS-GT ini bertujuan untuk membangun segitiga perdagangan antar ketiga negara tersebut, salah satu nya Indonesi ayang berperan disana dengan memperbaiki infrastruktur jalan di Riau, salah satunya dengan pembangunan jembatan ini. yak semoga saja memang jembatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah dan Indonesia sehingga pembangunan perekonomian di bagian barat Indonesia khususnya Sumatera dapat menjadi jalan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Amiiinnn.

Jayalah Indonesia !! Merdeka !!!

Yang mau liat gambar-gambarnya, nih ane kasih :

41257_large img_4405 (1) img_4395

Sumber Gambar: Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3

Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: