Indonesia Miskin Minyak

minyak

Beberapa bulan yang lalu Kita dihebohkan dengan kenaikan harga BBM yang menuai banyak kontroversi. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa Kita memiliki cadangan minyak bumi yang sangat banyak sehingga kenaikan harga BBM dianggap tidak perlu, toh tinggal sedot aja. Apakah memang seperti itu ? Yukkk mari Kita lihat status minyak Kita. Menurut statistik energi dunia pada tahun 2012, cadangan minyak Indonesia adalah sebesar 3,7 miliar dan menempati urutan ke-28 negara penghasil minyak. Dengan cadangan minyak sebanyak 3.7 milyar Indonesia memproduksi 830.000 barrel per hari untuk mencukupi kebutuhan nasional, apabila Kita bandingkan dengan Arab Saudi, negara yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia, Indonesia memproduksi 18% minyak lebih banyak jika dihitung dari cadangan yang dimilikinya. Bayangkan saja, Arab saudi yang memiliki minyak sebesar 265,9 Milyar barel saja, hanya memproduksi 11,53 juga barel per harinya, sedangkan Indonesia dengan minyak sebanyak 3.7 milyar memproduksi 830.000 barrel per hari.  Wooowww, Indonesia boros bangetttt yakkkk ??? emangg iyaaaa :))

Belum lagi Jika dihitung secara statistik, bahwa cadangan minyak Kita akan habis dalam waktu 11 tahun. Hahhh?? sebelas tahun ?? yupp betull, jika umur Kita sekarang 25 tahun, disaat umur Kita 36 tahun Kita sudah tidak memiliki minyak lagi. ngerii bukannnn….

Ironisnya untuk konsumsi publik, BBM Kita yang masih disubsidi oleh pemerintah,53% penggunanya adalah Mobil Pribadi (sumber: BI). Jadi subsidi pemerintah yang tadinya bisa digunakan untuk kepentingan pembangunan infrastruktur dipakai oleh mobil pribadi. hhmmmm rela ?? hehehehe, blum lagi munculnya mobil murah yang mendorong masyarakat untuk berbondong-bondong membeli mobil pribadi, ini nih yang menjadi polemik pemerintahan, naikin harga salah karena takut didemo, ngga naikin harga, anggaran mengalami defisit dari tahun ketahun. Yaaaaa pemerintah memang harus memiliki ketegasan dalam hal ini. Trus apa opsi yang bisa dilakukan pemerintah dong ?? beberapa opsi yang menarik adalah:

  1. Pemerintah haruslah berani berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur transportasi masal yang nyaman dan memadai.
  2. Pemerintah harus beralih teknologi dengan mengembangkan sumber energi Gas Bumi yang melimpah sebagai bahan bakar dan meninggalkan minyak bumi yang tak terbarukan.
  3. Pemerintah harus berani menigkatkan pajak kendaraan pribadi terutama mobil sehingga mengurangi jumlah mobil pribadi dengan begitu konsumsi BBM pun akan menurun.

Yakkk itulah problema negeri ini dengan BBMnya, semoga Kita masih bisa melihatnya dengan pikiran yang jernih dan belajar dari negara tetangga Malaysia dan SIngapura yang memberikan pajak tinggi untuk kendaraan pribadi tetapi juga memiliki infrastruktur transportasi masal yang memadai. Semoga Indonesia tetap Jaya. Merdeka !!!!

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: